Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Manajemen operasi terdiri atas dua kata yaitu manajemen dan operasi.

Operasi sendiri merupakan suatu kegiatan mentransformasikan input menjadi output. Dengan demikian manajemen operasi yang merupakan sebuah kegiatan dimana untuk mengatur secara optimal dalam proses transformasi input menjadi output.

Jadi pengertian manajemen operasional adalah

suatu kegiatan pengelolaan secara optimal dalam penggunaan faktor produksinya seperti tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah, dan lain sebagainya dalam proses transformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa. Aktivitas ini merupakan proses kegiatan yang memerlukan satu atau lebih dari input, merubah dan menambah nilai pada input tersebut, sehingga dapat memberikan satu atau lebih output bagi pelanggan. Input terdiri atas sumber daya manusia (tenaga kerja), modal (peralatan dan fasilitas), pembelian bahan baku, jasa, tanah, dan energi. Sedangkan outputnya sendiri adalah barang dan jasa.
Proses Transformasi

Masukan berupa semua sumber daya yang diperlukan (misal;material, modal, peralatan)

sedangkan keluaran berupa barang jadi, barang setengah jadi atau jasa. Proses ini dilengkapi kegiatan umpan balik untuk memastikan keluaran yang diperoleh sesuai yang dikehendaki.

 

Little Quality (kualitas kecil), merupakan

tranformasi yang sederhana yaitu proses perubahan input menjadi output, sehingga menimbulkan nilai tambah. Dari ouput akan memberikan feed back untuk perbaikan input.
Big Quality (Kualitas besar), transformasi bukan sekedar proses perubahan input menjadi output. Ketika perusahaan menyedikan input, ia akan berhubungan dengan supplier sebagai penyedia input serta pertimbangan nilai konsumen sebagai pertimbangan atas input yang digunakan. Hubungan dengan supplier pada saat ini bersifat partnership/rekan kerja. Output tersebut akan memberikan umpan balik/feed back berupa informasi baik secara internal maupun eksternal. Dalam hal ini setiap kesalahan yang terjadi dalam ouput dapat dianalisis dari informasi yang berasal dari dalam perusahaan maupun dari luar termasuk feed back dari konsumen

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11142-rumus-volume-tabung