Senam Irama1.

 

Table of Contents

Senam Irama1.

Senam Irama Tanpa Alat

Senam irama dalah senam yang berjalan harus menyesuaikan dengansuatu irama yang biasanya irama musik, tetapi dapat juga dengan iramahitungan yang teratur. Irama adalah iringan baik berupa musik ataupunhitungan yang beraturan.Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan senam adalahsebagai berikut:a.

Irama musik yang dipakai menggunakan bicara, misalnya 2/4, 3/4 dansebagainya b.

Adanya kontinuitas gerakan.c.

Fleksibilitas.d.

Keindahan gerak.Latihan senam irama tanpa diiringi musik, tatapi dengan menggunakanirama hitungan yang teratur.Beberapa latihan gerak senam irama adalah sebagai berikut:

a.Latihan Pertama

Hitungan 1 :

Kaki kanan, jalan ke depan dengan lentur, tanganmengepal, lengan membentuk siku, lengan kanan ke arah atas, lengankiri ke arah atas, siku kanan di atas kepalan tangan kiri. Hitungan 2 :

K aki kiri terus melangka posisi tangan sama.Hitungan 3-4 : Terus melangka posisi tangan bergantian.Hitungan 5 :

Kaki kanan langsung dibuka selebar bahu.Hitungan 6 :

Kaki kiri tutup ke arah kanan, posisi tangan tetap.Hitungan 7 : Seperti hitungan 5 dan 6 tapi gerak kaki ke tengah dan kearah kiri.

b.Latihan Kedua

Hitungan 1 : Buka kaki selebar bahu, lutut ditekuk sedikit lengan kearah depan bersudut 90

0

 jari tangan mengepal menghadap ke bawah.Hitungan 2 : kaki kiri ditekuk ke arah belakang panggul kanan, tanganditekuk ke depan dada dengan poros di bahu, tangan di atas tangankiri.Hitungan 3 : Seperti hitungan 1Hitungan 4 : Seperti hitungan 2, hanya posisi kaki dan tang kebalikan.Hitungan 5 : Seperti hitungan 1-4.

cLatihan Ketiga

Hitungan 1 : Pindahkan berat badan ke kanan, sambil ayun kedualengan ke kanan sejajar bahu, jari-jari lurus dan rapat menghadap ke bawah.Hitungan 2 : Badan kembali ke tengah, tekuk kedua lutut, lengan ke bawah, jari tangan menghadap ke paha.Hitungan 3 : Seperti hitungan 1, tapi ke arah kiri.Hitungan 4 : Seperti hitungan 2Hitungan5-8 : Seperti hitungan 1-8.

d.Latihan Keempat

Hitungan 1 : Badan menghadap serong kanan, berat badan dipindahkanke kanan sambil kaki kiri ditekuk ke belakang, mendekati panggul kiri,lengan diayunkan ke atas. jari-jari tangan lurus rapat telapak tanganmenghadap ke dalam.Hitungan 2 : Badan kembali ke tengah, tekuk kedua lutut, lenganlempeng ke bawah, jari tangan menghadap ke paha.Hitungan 3 : Seperti hitungan 1, tapi ke arah kiri.Hitungan 4 : Seperti hitungan 2Hitungan 5-8 : Seperti hitungan 1-4

e.Hitungan Kelima

Hitungan 1 :

Kaki kanan dibuka selebar bahu lengan ditekuk didepandada, jari-jar tangan mengepal dan menghadap ke bawah.\

Hitungan 2 :

Kaki kiri diayaun, lalu tumit di bawa ke arah depan,menyilang, lengan dorong ke bawah, jari-jari mengepal danmenghadap ke dalam.Hitungan 3 : Seperti hitungan 1Hitungan 4 : Seperti hitungan 2, tapi tumit kanan yang menyilang kedepan kiri.Hitungan 5-8 : Seprti hitungan 1-4

2.Senam Irama dengan Alat

 Senam irama ini jenis senam irama yang pelaksanaannyamenggunakan alat atau perkakas Alat ikut bergerak, selaras gerakan mengikutiirama dan mudah dipindahkan, sedangkan perkakas tidak ikut bergerak dansukar dipindahkan.Alat-alat yang dipakai dalam senam irama adalah sebagai berikuta.

 bola b.

tongkatc.

 sinpai dan talid.

 selendange.

  bendera dan pita