Topologi Jaringan

Topologi Jaringan

Sebuah topologi jaringan komputer adalah susunan geometrik dari node dan link kabel dalam LAN, Topologi jaringan komputer mengacu pada bentuk jaringan, atau tata letak jaringan. Topologi jaringan komputer menggambarkan Bagaimana node berbeda dalam jaringan terhubung satu sama lain dan bagaimana mereka berkomunikasi ditentukan oleh topologi jaringan komputer. Topologi jaringan komputer baik fisik maupun logis. Dalam bagian ini saya akan menjelaskan berbagai jenis topologi jaringan komputer .

Jaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing memiliki satu atau lebih perangkat interface seperti Network Interface Card (NIC) dan/atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat lunak jaringan yang menyediakan fungsionalitas server atau klien. Perangkat keras yang digunakan untuk mengirim data melalui jaringan disebut media. Ini mungkin termasuk kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. Pengkabelan standar yang digunakan untuk tujuan ini adalah 10Base-T Kategori 5 kabel ethernet. Ini adalah kabel tembaga lilit yang muncul di permukaan untuk terlihat mirip dengan TV coaxial cable. Dihentikan pada akhir setiap oleh konektor yang terlihat seperti konektor telepon. Panjang maksimum segmen adalah 100 meter.

Di bawah ini adalah diagram topologi jaringan komputer paling umum ada Enam

Ada dua jenis utama dari kategori jaringan, yaitu:

  1. Berbasis server
  2. Peer-to-peer

Dalam jaringan berbasis server, ada set komputer yang menjadi penyedia layanan utama seperti layanan file atau layanan e-mail. Komputer menyediakan layanan ini disebut server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan yang disebut komputer klien.

Di jaringan peer-to-peer, berbagai komputer pada jaringan dapat bertindak sebagai klien dan server. Sebagai contoh, banyak Microsoft Windows berbasis komputer akan memungkinkan sharing file dan print. Komputer ini dapat bertindak sebagai klien dan server olehnya itu disebut sebagai peers. Banyak jaringan adalah kombinasi jaringan berbasis peer-to-peer dan server. Sistem operasi jaringan menggunakan protokol data jaringan untuk berkomunikasi di jaringan komputer lain. Sistem operasi jaringan mendukung aplikasi pada komputer. Network Operating System (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain.

  1. Macam-Macam Topologi jaringan Komputer

  1. Topologi jaringan komputer Type Bus

Topologi jaringan komputer Bus kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan terminator. Laras konektor dapat digunakan untuk menyambung/menambah panjang. topologi Bus merupakan topologi jaring komputer paling tua dalam teknologi jaringan Ethernet dan terdiri dari cable coaxial yang menghubungkan komputer yang ada dalam jaringan dimana tiap komputer terhubung dengan sambungan konektor BNC jenis T

sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/seva-mobil-bekas/