Wagub Jabar Tinjau Pendaftaran PPDB Hari ini

Wagub Jabar Tinjau Pendaftaran PPDB Hari ini

Wagub Jabar Tinjau Pendaftaran PPDB Hari ini

Wagub Jabar Tinjau Pendaftaran PPDB Hari ini
Wagub Jabar Tinjau Pendaftaran PPDB Hari ini

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum didampingi Kepala Dinas Pendidikan

(Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika meninjau pelaksanaan hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 di SMAN 8 Bandung dan SMKN 3 Bandung, Senin (17/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Wagub melihat langsung proses pendaftaran dengan mengunjungi ruang pelayanan PPDB di tiap sekolah, mulai dari ruang informasi, ruang pendaftaran hingga ruang verifikasi data. Di sana, Wagub berinteraksi langsung dengan calon peserta didik dan orang tua yang sedang mendaftar.

Wagub pun mengimbau calon peserta didik dan orang tua siswa yang memiliki permasalahan

atau kendala saat PPDB, agar langsung menghubungi layanan pengaduan yang ada di sekolah. “Kita telah menyiapkan pelayanan informasi terkait pertanyaan-pertanyaan. Tim pengaduan juga sudah disiapkan,” tuturnya.

Wagub berharap, pelaksanaan PPDB tahun ini berjalan lancar dan sesuai prinsip pelaksanaan, yakni berkeadilan dan adanya pemerataan.

Wagub pun memberi pesan kepada seluruh calon peserta didik dan orang tua agar tetap tenang saat mengikuti proses seleksi PPDB. “Saya berharap kepada Bapak dan Ibu agar tenang dan tidak pesimis. Meskipun kuota masuk ke sekolah itu jumlahnya terbatas, namun pemerintah akan menjamin semua anak di Jabar bisa sekolah,” jelasnya.

Salah satu opsi yang bisa ditempuh calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah negeri

yang diinginkan, lanjut Wagub, yaitu mengalihkan pilihan ke sekolah swasta atau pesantren.

“Pemikiran tentang sekolah swasta itu membutuhkan biaya mahal sebaiknya mulai diubah. Karena, kita pun telah memberikan stimulan kepada sekolah tersebut untuk menerima siswa, termasuk siswa dari ekonomi tidak mampu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 8 Bandung, Suryana menuturkan, pendaftaran PPDB sampai saat ini berjalan lancar. Antara lain, tidak ada kendala sistem serta pelayanan yang diberikan pun sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan.

Pada hari pertama pendaftaran ini, Suryana menilai wajar jumlah pendaftar yang membeludak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya langsung mengarahkan calon peserta didik dan orang tua yang antre mendaftar untuk masuk ke ruang tunggu dan duduk di kursi yang telah disediakan. “Kita langsung arahkan daripada mereka berdiri dan mengantre lama,” ucapnya.

Ia menyatakan bahwa pengambilan nomor antrean hari ini telah ditutup. “Calon peserta didik yang yang akan mendaftar bisa mengambil nomor antrean besok. Untuk pendaftar yang telah mengambil nomor antrean tapi belum terlayani, akan dilayani esok hari,” jelasnya.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/